TUGAS PEMERIKSAAN AKUNTANSI LANJUT**

Nama : Detina Wulandari
NPM : 22213246
Kelas : 4EB10
Matkul : Pemeriksaan Akuntansi Lanjut**

SOAL KAJIAN ULANG
2. Apa peran dari akuntan dalam SDLC? Mengapa akuntan dapat diminta untuk memberikan input dalam pengembangan sistem informasi nonakuntansi?
Peran akuntan dalam SDLC adalah sebagai pembuat sistem informasi yang berkaitan dengan keuangan.
4. Mengapa sering kali sulit untuk mendapatkan keterlibatan pengguna yang kompeten dan berarti dalam SDLC?
Tidak semua pengguna mengerti SDLC
6. Mengapa perencanaan sistem strategis tidak secara teknis dianggap menjadi bagian dari SDLC?
Rencana sistem strategis berkaitan dengan alokasi berbagai sumber daya sistem seperti karyawan (jumlah professional sistem yang harus dikintrak), peranti keras (jumlah terminal kerja, minicomputer, dan mainframe yang harus dibeli), peranti lunak (dana yang dialokasikan untuk proyek sistem baru dan untuk pemeliharaan sistem), serta telekomunikasi (dana yang dialokasikan untuk jaringan dan EDI).
8. Apa tujuan dari perencanaan proyek dan apa saja tahapannya?
Tujuan dari perencanaan proyek adalah untuk mengalokasikan sumber daya ke tiap aplikasi dalam kerangka kerja rencana strategis. Tahapannya adalah identifikasi berbagai area kebutuhan pengguna, membuat proposal, mengevaluasi kelayakan tiap proposal dan kontibusinya pada rencana bisnis, membuat prioritas untuk tiap proyek, dan menjadwalkan berbagai pekerjaan yang akan dilakukan.
10. Apa saja kategori umum fakta yang harus dikumpulkan dalam survei sistem?
– sumber data
– pengguna
– penyimpanan data
– proses
– aliran data
– pengendalian
– volume transaksi
– tingkat kesalahan
– biaya sumber daya
– kemacetan dan operasi yang redundan
12. Apa saja kebaikan dan kelemahan dari survey sistem yang ada?
Kelemahan:
– lubang ter (tar pit) fisik yang ada
– berpikir di dalam kotak
kebaikan :
– mengidentifikasi aspek apa saja yang harus dipertahankan dari sistem yang lama.
– Memaksa analis sistem untuk memahami sistem secara penuh
– Memisahkan akar permasalahan dari gejala

14. Apa saja beberapa dokumen utama yang dapat dikaji dalam survey sistem yang ada?
– struktur organisasi
– deskripsi pekerjaan
– catatan akuntansi
– daftar akun
– pernyataan kebijakan
– deskripsi prosedur
– laporan keuangan
– laporan kinerja
– bagan alir sistem
– dokumen sumber
– daftar transaksi
– anggaran
– prediksi
– pernyataan misi
16. Apa saja tujuan utama dari tahap desain konseptual sistem?
Tujuan dari tahapan desain konseptual sistem adalah untuk menghasilkan beberapa alternative konsep sistem yang memenuhi berbagai kebutuhan yang teridentifikasi dalam analisis sitem.
18. Seberapa jauh desain terperinci yang dibutuhkan dalam tahap desain konseptual?
– kelayakan teknis
– kelayakan hukum
– kelayakan operasional
– kelayakan jadwal
20. Apa peran utama auditor dalam desain konseptual sistem?
Auditor memegang kepentingan dalam semua sistem keuangan dan karenanya, memiliki kepentingan dalam tahap desain konseptual sistem.
22. Apa yang membuat analisis biaya-manfaat lebih sulit dilakukan untuk sistem informasi daripada dalam investasi lainnya yang dilakukan perusahaan?
Biaya dan manfaatnya lebih sulit untuk diidentifikasi dan diukur daripada proyek permodalan biasa.
24. Bedakan antara sistem siap pakai dengan backbone. Mana yang lebih fleksibel?
Lebih fleksibel sistem siap pakai. Bedanya dengan backbone adalah sistem siap pakai biasanya hanya dijual dalam bentuk gabungan beberapa modul program. Sedangkan backbone dilengkapi dengan semua modul pemrosesan utama yang telah di program tetapi untuk menginstalnya dibutuhkan waktu yang lama serta biaya yang mahal.

26. Mengapa pemrograman modular lebih disukai untuk pengodean bebas?
Karena modular memiliki manfaat efisiensi pemrograman, efisiensi pemeliharaan dan pengendalian.
28. Jelaskan peran penting dokumentasi oleh programmer sistem?
Sebuah sistem beroperasi dapat terbaca dari dokumentasi yang tersedia.
SOAL DISKUSI
2. Diskusikan bagaimana mempercepat tahap spesifikasi kebutuhan sistem dapat menunda atau bahkan mengakibatkan kegagalan proses pengembangan sistem. Sebaliknya, diskusikan bagaimana waktu yang terlalu lama dihabiskan untuk tahap ini dapat mengakibatkan “paralisis analisis”?
Waktu terlalu lama dihabiskan untuk pekerjaan programmer (coding) sehingga tidak memenuhi kecukupan waktu. Hal ini yang mengakibatkan terjadinya paralisis analisis.
4. Bedakan antara masalah dan gejala. Berikan sebuah contoh. Apakah biasanya masalah dan gejala tersebut dikenali oleh manajer tingkat atas, menengah, atau bawah?
Masalah adalah perbedaan antara kondisi yang terjadi dan kondisi yang diharapkan. Gejala adalah tanda atau petunjuk terjadinya suatu masalah.
6. Kebanyakan perusahaan merendahkan kebutuhan biaya dan waktu untuk SDLC sebanyak 50 persen. Menurut anda, mengapa hal ini terjadi? Dalam tahapan apa saja menurut anda pengurangan ini paling banyak dilakukan?
Karena dalam SDLC membutuhkan biaya dan waktu yang banyak. Untuk itu pada tahap evaluasi dan pemilihan sistem, tahan implementasi sistem dan tahap memprogram peranti lunak aplikasi banyak dilakukan pengurangan.
8. Banyak proyek sistem baru secara kasar tidak selalu terlalu memperhitungkan volume transaksi hanya karena proyek-proyek tersebut tidak memperhitungkan bagaimana sistem yang baru dan yang ditingkatkan tersebut sesungguhnya dapat meningkatkan permintaan. Jelaskan bagaimana hal ini dapat terjadi dan berikan sebuah contoh
Karena sejumlah proyek diimplementasikan dengan beberapa fungsional yang hilang. Contohnya terjadi penguluran waktu yang tidak diharapkan.
10. Apakah menurut anda kelayakan hukum merupakan isu dalam sistem yang melibatkan penggunaan mesin untuk menjual tiket undian?
Ya, karena ada hukum pidana untuk perjudian. Sering kali orang menganggap mesin penjual undian sama dengan perjudian.
12. Jika suatu perusahaan memutuskan sebelumnya untuk beroperasi dengan sebuah sistem bertujuan khusus, seperti SAP, berdasarkan rekomendasi dari sebuah kantor akuntan public, haruskah SDLC dipotong jalurnya?
Tidak perlu, karena SDLC akan membantu SAP dalam mengembangkan sistem-sistemnya.
14. Jika sistem tertinggal dari jadwalnya dan jika tiap modul program diuji serta tidak ada masalah yang dapat ditemukan, apakah perlu untuk menguji semua modul dalam hubungannya dengan satu sama lain? Mengapa atau mengapa tidak?
Tidak, karena hasil pengujian tidak menemukan terjadinya masalah.
16. Siapa yang melakukan kajian pascaimplementasi? Kapan pengkajian ini harus dilakukan? Jika sebuah firma konsultan luar dikontrak untuk mendesain dan mengimplementasikan sistem baru, atau jika peranti lunak siap pakai dibeli, akankah kajian pascaimplementasi masih dibutuhkan?
Kajian pascaimplementasi dilakukan oleh sebuah tim independen, pengkajian dilakukan beberapa bulan kemudian.
Masih dibutuhkan kajian pascaimplementasi untuk mengkaji ulang kecukupan desain dan piranti lunak tersebut.
18. Diskusikan isu independensi ketika suatu kantor akuntan public juga memberikan input dalam pengembangan dan pemilihan sistem baru
Melakukan tinjauan untuk menilai kesesuaian pengembangan dan pemilihan sistem baru aga perusahaan tetap efektiv.
20. Diskusikan tiga manfaat yang berkaitan dengan pemrograman modular
1. efisiensi pemrograman, beberapa modul dapat dikodekan dan diuji secara independen sehingga akan sangat banyak mengurangi waktu pemrograman.
2. efisiensi pemeliharaan, beberapa modul kecil lebih mudah untuk dianalisi dan diubah, hingga dapat mengurangi waktu memulai selama pemeliharaan.
3. pengendalian, dengan menjaga berbagai modul tersebut tetap kecil, maka modul-modul tersebut tidak akan terlalu banyak berisi kesalahan yang besar atau logika yang mengarah pada penipuan.

Tinggalkan komentar